Nasihat Tentang Pembiayaan Mobil

Nasihat Tentang Pembiayaan Mobil

Jika Anda tidak memiliki uang tunai untuk membeli mobil, maka Anda meminjam uang dari bank. Ini adalah transaksi yang cukup sederhana, namun pembiayaan kendaraan dapat tampak rumit ketika Anda harus menavigasi istilah seperti residu, suku bunga pinjaman utama, persyaratan keuangan dan banyak lagi. Kami menjelaskan semua faktor yang menentukan berapa banyak Anda bayar tiap bulan untuk membantu Anda membeli dengan cerdas.

Cari Tahu Apa yang Anda Mampu

Itu selalu merupakan ide yang baik untuk meninjau kembali anggaran bulanan Anda, terutama ketika membuat komitmen besar seperti membiayai kendaraan. Sebagian besar bank akan menawarkan kalkulator keterjangkauan di bawah ini, yang gratis dan mudah digunakan. Mereka akan membantu Anda menentukan dengan tepat berapa banyak yang Anda inginkan (atau seharusnya!) Habiskan untuk cicilan mobil. Ingat aturan umum untuk menjalankan biaya – apa pun pembayaran mobil Anda, Anda akan perlu dua kali lipat untuk bahan bakar, asuransi, perbaikan, dll. Jadi, misalnya, jika Anda menganggarkan R4.000 untuk cicilan bulanan, simpan R4.000 lainnya disisihkan untuk biaya operasional.

Deposito

Semakin besar setoran (jumlah uang tunai) yang Anda masukkan, semakin kecil risiko untuk lembaga keuangan. Ini berarti pembayaran bulanan yang lebih kecil dan suku bunga yang lebih rendah.

Suku Bunga: Tetap Atau Terkait?

Suku bunga menentukan berapa banyak bunga yang akan Anda bayarkan untuk pinjaman mobil Anda. Anda biasanya memiliki dua opsi:

  1. Tingkat Bunga Tetap
Baca Juga:  Tips Memilih Pembiayaan Untuk Kredit Mobil Bekas

Seperti namanya, tidak ada kejutan di sini. Selama jangka waktu perjanjian Anda, Anda akan dikenakan tingkat bunga yang disepakati yang sama dan angsuran bulanan Anda akan tetap sama. Dengan kata lain, Anda tahu persis apa tujuan Anda.

  1. Tingkat Terkait

Kurs ini terkait dengan suku bunga pinjaman utama 10,5% pada 18 Maret 2016. Ketika itu meningkat, Anda juga akan mencicil, tetapi jika menurun, Anda akan membayar lebih sedikit. Opsi ini sedikit lebih berisiko jadi pastikan untuk memiliki cadangan uang tunai jika suku bunga naik.

Nilai berapa pun yang Anda pilih, pastikan Anda mendapatkan nilai serendah mungkin.

Ketentuan Perjanjian Anda

Faktor penting lain dalam berapa banyak Anda membayar setiap bulan adalah periode waktu di mana Anda akan membayar kembali pinjaman Anda. Ini bisa menjadi minimal 12 bulan atau hingga 72 bulan. Semakin lama jangka waktu pembiayaan kendaraan Anda, semakin kecil angsuran bulanan Anda. Namun, jangka waktu yang lebih panjang juga berarti tingkat bunga yang lebih tinggi sehingga Anda akan membayar lebih banyak dan lebih lama.

Memahami Residu (Pembayaran Balloon)

Taktik populer yang digunakan oleh dealer untuk membuat pembayaran mobil lebih terjangkau adalah memberi pembeli pembayaran residu atau balloon. Di sinilah persentase dari nilai kendaraan diambil dari jumlah keuangan dan dibayarkan sebagai angsuran sekaligus pada akhir periode keuangan.

Baca Juga:  Tips Agar Kredit Mobil Anda Disetujui Pembiayaan

Jadi, jika Anda membeli mobil senilai R500.000, jumlah sisa R100.000 terhutang pada tahap berikutnya dan Anda hanya membayar R400.000, yang berarti cicilan bulanan lebih rendah. Pada akhir masa keuangan Anda, Anda kemudian berutang R100.000. Dimungkinkan untuk mendapatkan ‘pembayaran balon’ ini dibiayai kembali, tetapi, jika Anda tidak mampu membayarnya, itu ide yang baik untuk mengambil asuransi terhadap non- pembayaran. Beberapa perusahaan asuransi juga menawarkan asuransi penutupan jika kendaraan Anda dihapuskan dalam suatu kecelakaan dan Anda harus membayar kembali jumlah pinjaman yang tersisa. Periksa harga mobil daihatsu terbaru.

Menemukan Kesepakatan Terbaik

Setelah Anda tahu apa yang Anda mampu dan memiliki gagasan tentang syarat dan tarif yang Anda inginkan, Anda dapat berbelanja sendiri untuk penawaran terbaik, atau berbicara dengan perwakilan Keuangan & Asuransi (F&I) di dealer. Ia akan terakreditasi FAIS dan secara hukum diharuskan untuk memberi Anda saran yang tidak memihak. Bawa serta dokumen ID Anda, SIM yang valid, tiga slip pembayaran terakhir atau tiga bulan laporan bank dan bukti tempat tinggal yang tidak lebih dari tiga bulan.

Setelah aplikasi Anda disetujui, penyedia keuangan akan mengomunikasikan tingkat suku bunga dan periode pembayaran yang ingin mereka tawarkan. Selalu lihat apakah Anda dapat menegosiasikan kesepakatan yang sedikit lebih baik – tidak ada salahnya bertanya!