8 Tempat Wisata di Balikpapan Terbaik Paling Populer

8 Tempat Wisata di Balikpapan Terbaik Paling Populer

Balikpapan, sebuah kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia, tidak hanya dikenal sebagai pusat industri minyak dan gas, tetapi juga memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik dan menawan.

Dari pantai-pantai indah hingga hutan-hutan tropis yang megah, Balikpapan menawarkan berbagai tempat wisata yang cocok untuk berbagai jenis pengunjung.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa Tempat Wisata di Balikpapan terbaik dan paling populer yang patut untuk Anda kunjungi.

1. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru adalah salah satu pantai terindah di Balikpapan yang terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih.

Di sini, Anda dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berjemur, berenang, atau hanya bersantai menikmati pemandangan laut yang menakjubkan.

Pantai Lamaru juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat parkir, kios makanan, dan area bermain untuk anak-anak.

2. Taman Bekapai

Taman Bekapai adalah taman kota yang terletak di pusat Balikpapan. Taman ini merupakan tempat yang populer untuk rekreasi dan olahraga di antara warga setempat dan wisatawan.

Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di sini seperti jogging, bersepeda, atau sekadar berjalan-jalan menikmati udara segar dan pemandangan hijau yang menyegarkan.

3. Pantai Kemala

Pantai Kemala adalah destinasi wisata pantai lainnya di Balikpapan yang menarik untuk dikunjungi.

Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang tenang, menjadikannya tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air.

Baca Juga:  Tempat Wisata di Jember Terbaru yang Lagi Hits

Selain itu, Anda juga dapat menikmati berbagai olahraga air seperti jet ski atau banana boat di sekitar pantai ini.

4. Pulau Derawan

Meskipun bukan berada di Balikpapan langsung, Pulau Derawan adalah destinasi wisata yang sangat populer yang dapat diakses dari Balikpapan.

Pulau ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang luar biasa, terumbu karang yang indah, dan berbagai jenis biota laut yang hidup di sekitar pulau ini.

Snorkeling, menyelam, dan berenang bersama hiu adalah beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan di Pulau Derawan.

5. Pantai Manggar

Pantai Manggar adalah destinasi wisata lainnya di Balikpapan yang menarik untuk dikunjungi. Pantai ini terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya yang spektakuler, menjadikannya tempat yang populer bagi para pengunjung yang ingin menikmati momen indah ini. Di sini, Anda juga dapat menikmati berbagai olahraga air seperti parasailing atau banana boat.

6. Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman

Bagi para penggemar alam dan petualangan, Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi.

Terletak tidak jauh dari Balikpapan, taman ini menawarkan berbagai jalur hiking dan trekking yang memungkinkan Anda untuk menjelajahi keindahan alam Kalimantan Timur dan melihat berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di dalam hutan.

7. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah destinasi wisata budaya yang menarik di Balikpapan. Di sini, Anda dapat menemukan replika berbagai bangunan dan situs budaya terkenal dari seluruh Indonesia, serta menikmati berbagai pertunjukan budaya dan seni tradisional yang menghibur.

Baca Juga:  Pantai Gatra, Pantai Eksotis Yang Tersembunyi di Malang

8. Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya Balikpapan adalah destinasi wisata yang cocok untuk pecinta alam dan taman. Di sini, Anda dapat menjelajahi kebun raya yang luas dan melihat berbagai jenis tanaman langka dan eksotis dari seluruh Indonesia dan dunia.

Kebun raya ini juga menjadi tempat yang ideal untuk berpiknik atau sekadar bersantai menikmati keindahan alam.

Kesimpulan

Balikpapan adalah kota yang kaya akan keindahan alam dan budaya yang menawarkan berbagai destinasi wisata menarik untuk dikunjungi.

Dari pantai-pantai indah hingga taman-taman yang hijau, Balikpapan memiliki sesuatu untuk semua orang.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Balikpapan, pastikan untuk meluangkan waktu untuk menjelajahi beberapa Rekomendasi Hotel di Balikpapan terbaik dan paling populer yang telah disebutkan di atas.